Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 03 Januari 2012

Kerajinan Batu Tabas

Sektor Usaha yang bergerak dalam usaha Batu Tabas di karangasem, nmerupakan sektor yang melibatkan puluhan kelompok Tenaga Kerja Pertukangan batu yang mana tenaga kerja yang terlibat mendekati diatas seribu orang tenaga kerja. Sepanjang jalan dan masuk pelosok desa tidak jarang dijumpai Usaha yang mengerjakan Pekerjaan Sanggah/ Pelinggih dari batu tabas.
Sering Orang salah kaprah , bahwa batu tabas Karangasem harganya lebih mahal . Kenapa lebih mahal ? Padahal batu tabas asalnya dari karangasem, nah disinilah pesan Sponsornya, tanpa ada media yang bisa meluruskan kondisi yang sesungguhnya
Sebagian besar tukang batu tabas yang bekerja di jalur Bay Pass Ida bagus Mantra merupakan Tukang Karangasem. Kenapa mereka sampai bekerja di denpasar dan Gianyar? Padahal sumber bahan baku berasal dari daerah mereka sendiri. Jangan salah , ada Batu tabas Karangasem yang lebih mahal disebut batu Uma Anyar, batunya tidak merupakan batu lahar yang terbakar, kondisi batunya lebih hidup dan tidak rapuh.
Kalau yang lebih jeli akan melihat perbedaan pelinggih yang dibuat di Karangasem dengan yang dibuat di Luar Karanagsem. Batunya Tabasnya Lebih tebal , jelas faktor kekuatan akan menjadi lebih kuat. Rakitan Simbar padas hitam dan Hiasan Karang Gajah tidak merupakan batu Tempelan, bahannya merupakan batu lebih tebal .

1 komentar:

amerthayulia mengatakan...

AYO MENJADI JOB CREATOR2 YG HANDAL DAN PROFESIONAL DG MEMANFAATKAN POTENSI YG ADA

Posting Komentar