Pages

Subscribe:

Labels

Jumat, 23 Desember 2011

Tulamben

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Desa ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi karam kapal USAT Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang di tahun 19242).
Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Selama musim liburan, lebih dari 100 penyelam mendekati bangkai kapal ini tiap hari.
Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti "banyak batu", merujuk pada letusan Gunung Agung yang memengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben.

PENYELAMAN  TULAMBEN
Tulamben sudah sangat terkenal di kalangan penyelam domestik maupun mancanegara. Apa yang membuat Tulamben begitu terkenal? Tak lain adalah kemudahan dan kekayaan biota laut yang ditawarkan oleh situs penyelaman ini. Ditambah dengan bangkai Kapal USS Liberty yang sangat mudah diakses dan menyajikan berbagai mahluk bawah laut mulai dari yang kecil seperti siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain. Tulamben menawarkan situs penyelaman yang sesuai untuk kursus penyelaman, penyelaman santai (fun dive) dan fotografi bawah air. Berikut adalah beberapa situs penyelaman yang ada di Tulamben:

Bangkai kapal USS Liberty
Terkenal sebagai salah satu tempat menyelam di bangkai kapal yang paling mudah diakses di dunia. Akses dari pantai dan USS Liberty hanya 30 meter dari pantai dengan kedalaman maksimum sekitar 30 meter. Penyelaman diawali dengan sambutan surgeonfish yang sangat jinak dan tak jarang di tengah penyelaman ditemukan segerombolan bumphead parrotfish, seekor great barracuda dan berbagai siput laut yang warnanya sangat cantik.

Tulamben Wall (Drop Off)

Pada mulanya Tulamben Wall atau yang dikenal dengan nama Drop Off hanya menjadi alternatif bagi pada operator selam untuk penyelaman kedua setelah USS Liberty. Namun pada perkembangannya ternyata Tulamben Wall ini memiliki karakteristik khusus yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan USS Liberty. Wall yang dasarnya di kedalaman sekitar 60-70 meter ini menjadi ajang ujian bagi para penyelam technical dan hewan-hewan bawah air yang berukuran besar seperti hiu karang ataupun hiu martil pernah ditemui oleh banyak penyelam di kedalaman ini. Di bagian atas, terumbu karang warna-warni menjadi perpaduan yang menarik dengan ikan serta mahluk-mahluk laut yang berwarna-warni pula. Di samping pemandangan bawah laut yang indah, Drop Off juga menawarkan berbagai temuan objek makro yang jenisnya sangat beragam.

Paradise Reef
Penyelaman biasanya dimulai di sebelah utara dari Resor Paradise, di kedalaman 3-4 meter akan ditemukan terumbu karang buatan yang kerangkanya berbentuk pesawat. Beberapa pemandu selam menyebutnya sebagai Aeroplane Wreck. Di sini seringkali ditemukan berbagai siput laut, shell dan berbagai jenis kepiting dan udang. Tempat yang ideal untuk penyelaman malam karena dangkal dan kehidupan malam bawah airnya cukup beragam. Menyelam ke arah selatan akan membawa anda ke tempat di mana gugusan terumbu karang baik keras maupun lunak dalam keadaan sehat dan berwarna-warni disertai berbagai jenis ikan karang yang tak kalah cantiknya. Jika anda ingin melihat Ribbon Eel, di sinilah tempat yang paling cocok untuk mencarinya.

0 komentar:

Posting Komentar